8 Ide Bisnis Kreatif Dan Unik Yang Jarang Ada di Indonesia

Ide bisnis kreatif yang jarang ada

Ide Bisnis Kreatif dan unik Yang Jarang Ada – Di zaman modern seperti sekarng ini jumlah penduduk di Indonesia semakin lama semakin banyak. Jumlah penduduk yang banyak ini tidak disertai dengan lapangan pekerjaan yang mencukupi. Selain itu tak dapat dipungkiri juga bahwa tingkat Pendidikan orang-orang di Indonesia masih sangat jauh dibandingkan dengan negara-negara maju di dunia. Bahkan bisa dibilang dengan tetangga kita Malaysia pun kita masih kalah jauh. Dengan fakta-fakta tersebut menyebabkan peningkatan orang yang menganggur pun tak bisa terelakan lagi.

Dengan banyaknya pengangguran ini angka kemiskinan di Indonesia pun tak bisa dibendung lagi. Hal ini juga yang menyebabkan semakin maraknya tindak kriminal di Indonesia. Oleh karena itu saat ini setiap orang dituntut untuk bisa berfikir kreatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru agar tingkat pengangguran pun dapat ditekan. Dengan begitu mudah-mudahan nantinya tidak ada lagi orang yang bertindak kriminal sehingga Indonesia menjadi negara yang aman dan tentram.

Dalam artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa ide bisnis kreatif yang jarang ada di Indonesia. Dengan begitu mudah-mudahan ide-ide tersebut mampu memberikan pencerahan mengenai bisnis apa yang akan anda jalankan nantinya.

Ide Usaha Kreatif dan Inovatif yang Masih Jarang Di Indonesia

1. Bisnis Lipat Buku

Ide bisnis kreatif yang satu ini masih jarang sekali diterapkan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena masih sedikit sekali orang yang mampu melakukannya. Ide bisnis ini sangat menjanjikan karena modal yang anda perlukan hanyalah buku bekas dan keterampilan dalam melipat-lipat buku menjadi ukiran yang kamu inginkan.

Baca juga: 19 Aplikasi Hp Untuk Mendapatkan Uang Tercepat 2018

Masih sedikit sekali orang yang menjalankan bisnis ini sehingga peluang untuk sukses dalam bisnis ini pun sangat terbuka lebar. Hasil karya yang sudah kamu ciptakan bisa kamu jual secara online lewat social media ataupun lewat mulut ke mulut. Harga yang dapat kamu patok untuk satu karya yang telah kamu buat bisa beragam, tergantung dari kesulitan pembuatan itu sebdiri. Bisa ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah perbukunya.

2. Bisnis Dekorasi kue

Ide bisnis kreatif yang jarang ada

Kue merupakan salah satu makanan yang biasanya ada dalam suatu pesta. Tanpa kehadiran kue rasanya pesta menjadi kurang begitu sempurna. Saat ini kue juga tidak hanya dibuat untuk memanjakan lidah saja, namun juga bisa untuk memanjakan mata. Hal ini memunculkan suatu ide bisnis baru yang unik dan masih jarang ada di Indonesia yaitu Bisnis dekorasi kue.

Ide bisnis yang satu ini masih jarang dilakoni oleh orang-orang Indonesia, namun permintaannya cukup tinggi. Hal ini yang dimanfaatkan oleh Angel Sthefanie (25). Seorang ibu rumah tangga yang menekuni bidang ini. Bisnis yang ia jalankan mulai tahun 2012 ini mampu menghasilkan omset hingga puluhan juta rupiah perbualannya. Salah satu cara pemasaran yang ia lakukan adalah dengan memposting kue hasil dekorasinya ke Instagram (@blessingangelpastries).  

3. Bisnis Sabun Herbal

Peluang usaha kreatif yang satu ini masih cukup jarang ditekuni orang-orang di Indonesia sehingga peluangnnya masih terbuka lebar. Saat ini memang sudah banyak produk sabun asing yang bisa kita lihat di tv. Namun ternyata masih banyak orang yang mencari sabun-sabun yang alami dan terbuat dari bahan-bahan herbal.

Untuk memulai bisnis ini, terlebih dahulu kamu harus mempelajari lebih dalam tentang sabun ini. Agar bisnis yang kamu buat nantinya sukses, produk yang kamu hasilkan harus memiliki kualitas yang sangat baik agar konsumen kamu nantinya puas dan tidak kapok membelinya lagi. Selain itu kamu juga perlu mempelajari beberapa Teknik pemasaran agar produk kamu dapat lebih mudah dikenali orang.

Namun jika kamu tidak ingin memproduksinya sendiri kamu dapat menjadi agen atau distributor dari produk-produk sabun herbal yang sudah terkenal.

4. Bisnis Sketsa Sandal Jepit

Biasanya sandal jepit hanya digunakan sebagai alas untuk ke kamar mandi atau pergi ke masjid. Namun ternyata dibalik itu sandal jepit juga bisa digunakan untuk menghasilkan suatu karya yang bernilai jual lebih tinggi. Hal ini yang dilakukan oleh Lukman (27) yang mengubah sendal jepit menjadi berbagai macam ukiran wajah dan karakter tertentu.

Pria asal brebes ini pada awalnya hanya iseng saja membuatnya karena hobi. Namun tanpa disangka produknya sangat diminati banyak orang hingga ke hongkong.  Karena ide bisnis unik yang satu ini masih terbilang baru dan masih sedikit orang  yang melakukannya, maka kamu juga bisa meniru ide tersebut . Kamu juga bisa menambahkan inovasi kamu sendiri ke dalam karya yang kamu buat.

Baca juga: Bisnis-Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Pemula

5. Bisnis Melipat Handuk

Handuk merupakan kain yang biasanya digunakan untuk mengelap air pada tubuh sehabis kita mandi. Namun ternyata handuk juga bisa dijadikan karya seni yang indah dan juga bernilai. Karya seni ini dapat kamu jadikan ide untuk memulai bisnis kamu karena masih jarang ada orang yang melakukannya. Terutama di Indonesia.

Modal yang kamu perlukan sangat kecil yaitu kamu hanya memerlukan handu sebagai bahan dasarnya. Ditambah dengan hiasan-hiasan pelengkap agar karyamu lebih terlihat menarik. Teknik promosi yang cocok untuk produk ini adalah dengan mempostingnya lewat Instagram kamu.

6. Bisnis Lampu Hias dari Barang Bekas

Sebenarnya bisnis lampu hias ini sudah banyak digeluti oleh orang-orang  Indonesia. Namun baru sedikit yang mampu membuatnya dari barang-barang bekas yang sudah tidak bernilai. Lampu hias sendiri sangat digemari oleh masyarakat karena mampu membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Jika kamu serius menekuni bidang ini, kamu dapat menghasilkan laba hingga puluhan juta rupiah hanya dengan bermodalkan lampu bohlam dan berang bekas. Salah satu barang bekas yang paling banyak digunakan adalah cardboard/kardus yang sudah tidak terpakai. Untuk ide desain lampu dapat kamu peroleh dari internet atau kamu buat sendiri.

7. Bisnis Ternak Kocoa

Kebanyakan orang Indonesia berfikir ketika mendengar suatu bisnis peternakan hanyalah terfokus pada ternak ayam, bebek, kambing, dan sapi. Padahal di luar sana masih banyak ide bisnis yang dapat kita lakukan jika kita kreatif.

Contohnya saja ternak kecoa. Mungkin kita menganggap bahwa kecoa merupakan hewan menjijikan dan sumber penyakit. Padahal sebenarnya jika kecoa tersebut dikembangbiakkan di tempat yang bersih dapat menjadi sumber protein yang baik bagi ternak. Kemampuan hidup dan berkembang biak yang sangat baik membuat ternak kecoa sangat mudah dilakukan. Terlebih jika kamu bukan orang yang mudah jijik terhadap hewan-hewan seperti ini.

8. Bisnis Kafe Kucing

Kafe merupakan tempat nongkrong anak-anak muda jaman sekarang. Di kafe sendiri kita bisa memesan makanan atau minuman yang umum atau bahkan jarang ditemui di tempat lain. Selain itu kafe juga bisa dijadikan tempat untuk meeting bersama rekan kerja kita di luar kantor atau tempat kencan bersama pasangan kita.

Ada berbagai macam konsep kafe di Indonesia mulai dari yang fokus ke desain dan suasana kafe atau fokus ke hidangan yang disajikan. Salah satu yang masih jarang ada di Indonesia adalah kafe dengan konsep hewan peliharaan. Dan yang banyak ditemukan di negara-negara besar seperti jepang dan korea adalah kafe kucing.

Di kafe kucing ini kamu dapat menemukan puluhan kucing berkeliaran dan bercengkrama dengan pengunjung. Kita ketahui bahwa kucing merupakan hewan yang mampu menenangkan pikiran manusia. Oleh karena itu kafe kucing ini sangat cocok untuk orang-orang yang ingin melepas penat sehabis kerja.

Itulah ide-ide bisnis kreatif dan unik yang masih jarang ada orang yang melakukannya di Indonesia. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan inspirasi ide bisnis yang akan anda lakukan ke depannya.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar

Leave a Reply