48 Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal Yang Tinggi

bisnis untuk mahasiswa pemula

Bisnis untuk mahasiswa pemula tanpa modal yang tinggi – Ketika menjadi mahasiswa kita harus fokus untuk menjalankan kuliah dengan baik agar nantinya ketika lulus kuliah mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun apabila anda mahasiswa yang tidak ingin mengandalkan ketika lulus, ada baiknya anda memulai usaha yang ingin anda jalankan nantinya ketika masih menjadi mahasiswa. Agar nantinya anda tidak harus memulai kembali dari nol.

Disamping itu, kadang kala uang yang diberikan oleh orang tua dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup anda. Jika hal ini yang anda rasakan, mungkin menjalankan bisnis menjadi salah satu solusinya.

Sebenarnya ada banyak sekali ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang masih belum berpengalaman dengan modal minim atau bahkan tanpa modal. Terbukti dengan banyaknya orang yang sudah sukses ketika mereka masih menjadi mahasiwa. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda mengikuti jejak mereka.

Namun tentunya diharapkan agar bisnis atau usaha sampingan yang anda jalankan tidak mengganggu kuliah.

Oleh karena itu anda harus fokus pada satu jenis usaha saja. Berikut ini akan saya jelaskan tentang 45 Bisnis yang cocok untuk mahasiswa meskipun anda masih pemula.

Bisnis untuk mahasiswa pemula tanpa modal yang tinggi

1. Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis Pulsa Elektrik merupakan pekerjaan sampingan yang sangat cocok untuk mahasiswa. Hal ini disebabkan karena bisnis pulsa elektrik sangat mudah dijalankan meskipun modal yang anda miliki relatif minim.

Selain itu Bisnis pulsa elektrik juga mudah dijalankan karena target marketnya adalah mahasiswa atau teman sekelas anda juga. Untuk memulainya anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 50.000 s/d Rp. 100.000 atau bahkan lebih tergantung modal yang anda miliki.

Kelebihan dari bisnis pulsa elektrik ini tidak akan menyita waktu anda karena anda hanya perlu membuka hp dan aplikasi untuk mengirimkan pulsa yang dipesan. Meskipun laba yang dihasilkan relatif kecil, namun jangan salah karena jika pelanggan anda sudah banyak dan mereka puas dengan pelayanan anda, maka keuntungan yang dihasilkan pun akan banyak.

dilansir dari agenpulsatermurah.net, untuk memulai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang satu ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan diantaranya adalah:

1. Memilih server yang terbaik

2. Melakukan pendaftaran agen

3. Melakukan pengisian saldo/deposit

4. Menetapkan harga pulsa

5. Melakukan Promosi

6. Mulai berjualan

Untuk melakukan promosi, anda dapat menggunakan sosial media yang sering anda pakai dan menginformasikan bahwa anda menjual pulsa dengan harga yang murah. Selain itu anda juga bisa mempromosikannya lewat grup-grup yang anda ikuti di kelas atau himpunan mahasiswa jurusan anda.

2. Menjadi Blogger

Saat ini trend menjadi blogger atau penulis online sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak sekali orang yang ingin belajar menjadi seorang penulis karena saat ini google merupakan situs pencarian yang paling sering digunakan oleh setiap orang. Ada banyak sekali hal yang dapat anda lakukan jika anda menjadi seorang blogger. Anda dapat mengemukakan pendapat anda sekaligus mengaplikasikan ilmu yang sudah anda dapatkan dengan cara menulisnya.

Selain itu anda juga dapat menjadi publisher google adsense atau menjadi affiliate marketer online yang merupakan bisnis online yang sangat digandrungi saat ini. Siapapun bisa melakukannya dan peluangnya pun masih terbuka lebar.

Bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini sangat cocok karena tidak memerlukan banyak biaya dan bahkan tanpa biaya sama sekali. Yang anda perlukan hanyalah koneksi Internet yang memadai dan kecakapan dalam menulis.

Dengan menjadi affiliate marketer anda bisa mendapatkan komisi hingga sebesar Rp. 100 rb – Rp. 200 rb per penjualan. Bayangkan jika anda mendapatkan 10 penjualan dalam sehari.

3. Menjadi Dropshiper

Salah satu bisnis untuk mahasiswa pemula yang cukup menjanjikan adalah menjadi dropshiper. Dengan menjadi Dropshiper anda tidak perlu repot-repot mengemas dan mengirim barang. Sehingga kuliah anda pun tidak akan terganggu.

Saat ini sudah banyak sekali marketplace seperti Tokopedia, blibli, shopee, lazada, bukalapak, dan lain-lain yang menyediakan jasa bisnis yang satu ini. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan promosi sebanyak-banyaknya pada teman anda atau orang lain. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media anda untuk menjalankan bisnis ini.

Salah satu cara yang paling terkenal untuk menjalankan bisnis dropshiper ini adalah Facebook ads. Namun kendalanya adalah mungkin anda harus mengeluarkan uang untuk iklan yang anda jalankan. Namun jangan salah, sudah banyak sekali orang yang sukses menjalankan bisnis ini dengan menghasilkan puluhan, bahkan ratusan juta rupiah.

4. Jasa Les Private

Satu lagi Pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Kemampuan dan pengalaman mengerjakan persoalan yang pernah dialami ketika menghadapi tes masuk perguruan tinggi bisa anda pakai untuk siswa SMA yang ingin masuk ke perguruan tinggi yang diinginkannya. Atau anda juga bisa memanfaatkan adik-adik kelas anda yang baru masuk kuliah sebagai target murid anda.

Anda bisa menjadi mentor les bimbingan belajar yang sudah tenar di tempat anda kuliah misal Ganesha Operation, Neutron, dan Ruang Guru. Dengan begitu anda bisa mendapatkan penghasilan minimal untuk mencukupi biaya jajan anda sehari-hari.

Selain itu anda juga bisa membuat brand tempat bimbingan belajar sendiri sesuai keinginan anda. Tentunya hal ini akan jauh lebih ribet dibandingkan dengan ikut brand yang sudah terkenal. Namun dengan memulai brand sendiri nantinya anda akan mendapatkan pengalaman lebih serta potensi perkembangan bisnis les anda bisa lebih pesat jika anda ingin serius menekuni bidang ini nantinya. Tips lainnya yaitu pasanglah harga les yang tidak terlalu tinggi namun membuat siswa yang anda ajari puas.

5. Bisnis SB1M

SB1M merupakan singkatan dari Semua Bisa 1 Milyar. Yaitu suatu komunitas tempat belajar bisnis online yang sudah membantu ribuan orang menghasilkan uang dari internet. Di komunitas ini anda akan diajarkan berbagai macam cara mendapatkan uang lewat internet. Misi yang diemban oleh SB1M adalah mampu membuat anggotanya menghasilkan penghasilkan hingga 1 milyar perbulan secara pasif. Artinya ketika anda sudah mencapai target, maka anda tidak hanya perlu duduk manis dan tinggal menunggu pundi-pundi uang masuk ke rekening anda.

Bisnis yang satu ini tentunya sangat sangat menjanjikan. Apalagi untuk mahasiswa yang notabene waktu belajar bisnis onlinenya terbatas. Yang perlu anda lakukan untuk bergabung disini adalah membayar biaya kenggotaan sekali seumur hidup. Kelebihan dari komunitas ini adalah anda bisa membaca ratusan materi yang sudah terbukti menghasilkan secara online ataupun datang ke kelas offline yang ada di Jakarta.

Tidak hanya itu, SB1M juga memiliki grup facebook tempat anda bertanya ketika bingung tentang materi yang dipelajari. Sebelum anda menentukan untuk menjadi premium member, anda akan diberikan fasilitas berupa free member. Dengan fasilitas ini anda akan diberikan beberapa materi dan juga anda bisa dating berkunjung ke tempat belajarnya yang ada di Jakarta.

So kalo ingin lebih tahu lagi bisa anda pelajari sendiri.

6. Menjadi Youtuber

Jaman dulu ketika saya masih kecil mungkin ketika ditanya cita-cita saya apa, maka saya akan menjawab menjadi polisi, tentara, dokter, guru, insinyur, dan lain-lain. Berbagai profesi yang sudah sangat mainstream menjadi jawaban bagi anak-anak ketika ditanya cita-citanya apa. Namun saat ini jaman sudah mulai berubah, seiring dengan berkembangnya teknologi anak-anak mulai mengetahui profesi-profesi baru yang dianggapnya keren dan dapat menghasilkan banyak uang. Salah satunya adalah youtube.

Menjadi youtuber yang sukses saat ini menjadi cita-cita banyak orang di Indonesia. Selain bisa terkenal, anda juga bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dolar perbulannya. Hanya dengan membuat konten video.

Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa yang tidak ingin kuliahnya terganggu. Tak butuh modal yang besar, cukup laptop, kamera, dan koneksi internet anda sudah bisa membuat konten video.

Untuk menjadi youtuber yang sukses diperlukan skill dan kepandaian dalam membuat video yang disukai banyak orang. Tentunya dengan memperhatikan nilai pendidikan dalam konten yang anda buat. Bukan hanya membuat video yang malah membuat mental orang yang menonton video anda menjadi rusak.

8. Menjadi Penulis Lepas

Selain menjadi blogger, kerja sampingan untuk mahasiswa yang satu ini juga patut anda coba. Jika blogger memerlukan ketekunan dan kesabaran karena selain menulis anda juga harus belajar membuat blog yang enak dilihat dan SEO friendly. Namun dengan menjadi penulis lepas anda hanya memerlukan keterampilan dalam menulis artikel saja.

Jangan anggap remeh profesi yang satu ini karena bayaran menjadi penulis lepas cukup tinggi lho. Apalagi jika situs tempat anda menulis sudah terkenal. Tentunya semakin terkenal suatu situs maka persyaratan artikel untuk diterbitkan juga semakin rumit.

Berikut contoh situs-situs terbaik untuk penulis lepas yang ada di Indonesia.

1. Idntimes.com ( 1 artikel = 100 poin, 100 view/pembaca = 1 poin, ketika sudah mencapai 2500 poin = Rp. 250.000 baru bisa dicairkan)

2. Babe.news ( dibayar Rp. 10.000 – Rp. 100.000, tergantung banyaknya view)

3. Brilio.net ( Rp. 200.000/artikel )

4. Jalantikus.com ( Rp. 50.000/artikel)

5. Seword.com ( 3 rupiah/view, jadi jika 100.000 view= Rp. 300.000)

9. Bisnis Lewat Aplikasi Google Playstore

Sekarang anda sudah bisa menghasilkan uang lewat hp android dengan mudah. Caranya adalah anda menginstall aplikasi-aplikasi penghasil dolar yang sudah terbukti menghasilkan. Keuntungan bisnis yang satu ini adalah mudah sekali dilakukan sehingga sangat cocok untuk mahasiswa.

Anda hanya perlu menyelesaikan beberapa tugas yang diberikan oleh aplikasi berkaitan. Misalnya menjawab survey dan menginstall suatu aplikasi. Setelah dollar terkumpul dalam akun anda dalam jumlah tertentu, nantinya anda bisa mencairkannya lewat akun paypal yang anda miliki.

Contoh aplikasi playstore penghasil uang dolar yang sudah terbukti adalah:

1. WHAFF

2. Showbox

3. Tab Cash

4. Make Money

5. Foap

11. Bisnis Affiliate Edubisnis

Bisnis Affiliate saat ini merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk mahasiswa. Bagaimana tidak, selain anda tidak perlu menyediakan produk sendiri, penghasilannya pun sangatlah menggiurkan. Setiap pemilik produk memiliki patokan tersendiri untuk membayar orang yang mampu menjual produknya.

Ada yang hanya memberikan 10% – 20% dari harga produknya, ada juga yang sampai memberikan komisi 50%. Salah satu produk affiliate yang sangat maknyus adalah Edubisnis.net. Bagaimana tidak, dari setiap produk yang harganya 400 ribu anda akan mendapatkan komisi 200 ribu. Sesuatu yang sangat menggiurkan bukan. Terus bagaimana cara kerjanya? Silahkan anda cari tahu sendiri !!!

12. Bisnis kontes Desainer Logo dan T-shirt

Sebagai orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk memulai start up, maka bisnis tanpa modal ini sangat cocok mahasiswa. Anda akan dibayar jika mampu memenagi kontes desain logo atau T-shirt yang diadakan di suatu website. Meskipun anda harus bersaing dengan orang dari dalam maupun luar negri, namun nyatanya sudah banyak orang Indonesia yang mendapatkan penghasilan tetap dari usaha yang satu Ini.

Berikut situs web yang paling populer:

Kontes Logo:

1. www.99designs.com

2. www.logotournament.com

3. www.logomyway.com

Kontes T-shirt:

1. www.threadless.com

2. www.designbyhuman.com

3. www.gantibaju.com

14. Bisnis Jual Beli Domain

Domain merupakan nama dari suatu blog atau website yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah server tempat anda membuat blog/website agar mudah diakses oleh user. Domain ini sangat erat kaitannya dengan brand dari suatu produk.

Ada dua jenis domain, yaitu fresh domain dan juga aged domain. Fresh domain merupakan domain baru yang belum pernah terdaftar sebelumnya, sedangkan aged domain merupakan domain yang sudah berumur. Kemudian aged domain yang sudah didaftarkan namun tidak diperpanjang akan menjadi expired domain dan selanjutnya menjadi drop domain.

Untuk berada di halaman satu google biasanya aged domain lebih mudah  meranking dibandingkan dengan fresh domain, oleh karena itu para pemburu domain biasanya memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan aged domain dari expired domain dengan harga murah dan menjualnya kembali dengan harga yang mahal.

Tentunya hal ini bisa menjadi bisnis mahasiswa yang sangat menjanjikan. Salah satu tempat untuk mencari expired domain gratis adalah expireddomains.net

15. Bisnis Endorse Instagram

Bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah endorse Instagram yang sedang booming-boomingnya saat ini. Dengan melakukan endorse suatu produk tertentu anda akan mendapatkan bayaran sesuai perjanjian yang sudah disepakati. Untuk melakukan bisnis yang satu ini anda bisa menggunakan akun instagram pribadi atau dengan membuat akun yang membahas topik tertentu.

Misalnya riview film, video viral, sepakbola, dan lain-lain. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan strategi micro Influencer untuk mempromosikan bisnis yang sedang mereka jalankan. Anda tidak memerlukan follower yang terlalu banyak seperti artis yang sudah terkenal, dengan hanya 1000 – 10.000 follower pun anda sudah bisa melakukan bisnis sampingan ini.

16. Bisnis EO (Event Organizer)

Untuk melakukan bisnis ini anda tidak boleh sendirian karena jika tidak kuliah anda akan kelabakan. Cobalah ajak teman dekat anda untuk bekerjasama menjalankan bisnis ini. Setelah itu tanganilah acara-acara yang relatif kecil seperti perayaan ulang tahun atau hari jadi pasangan.

Dengan bekerjasama anda dapat membagi-bagi tugas kepada teman anda seperti menyewa tempat, melakukan dekorasi, konsumsi, dokumentasi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan persiapan acara.

17. Bisnis Forum Kaia

Dari Namanya saja kita sudah bisa menebak tujuan dari forum yang satu ini. Forum kaia merupakan suatu tempat bisnis online yang sangat recommended. Banyak sekali orang yang sudah sukses menjalankan bisnisnya dengan menggunakan jasa dari Forum Kaia. Hal-hal yang akan dipelajari dari forum ini diantaranya adalah:

1. Cara mencari domain yang dapat dijual kembali

2. Cara mendapatkan $50 perhari dengan web wallpaper

3. Cara mendapatkan 5 juta perbulan dengan blog gratisan

4. Cara mendapatkan Uang dari Facebook to adsense

5. Dan lain lain.

 

18. Bisnis Microstock

Dengan melakukan bisnis microstock, anda akan menjual karya-karya yang teleah anda buat seperti foto, template, karakter, dan lain-lain. Anda dapat melakukan bisnis ini meskipun masih pemula. Kelebihan dari bisnis yang satu ini adalah anda dapat menjual karya anda berulang kali.

Jadi jika 1 karya anda diminati oleh ratusan atau bahkan ribuan orang, maka penghasilan yang akan anda dapatkan juga akan banyak dan terus berlangsung sampai tak ada orang yang berminat lagi. Namun tentunya anda harus bersaing dengan puluhan bahkan ratusan ribu desainer lain yang tentunya juga memiliki karya yang luar biasa.

Bisnis yang satu ini sangat cocok bagi mahasiswa, terutama jika anda senang dengan fotografi dan desain grafis. Berikut situs yang menyediakannya:

1. Shutterstock

2. istockphoto

3. fotolia

4. dreamstime

19. Jawab Pembuatan Website

Pekerjaan sampingan yang satu ini sangat cocok untuk mahasiswa, khususnya mahasis jurusan IT. Jika anda memiliki kemampuan dalam mengolah Bahasa pemrograman website seperti HTML, CSS, dan java script, maka bisnis ini akan sangat mudah dilakukan.

Sebenarnya meskipun masih pemula pun anda masih bisa membuat website dengan tampilan luar biasa. Caranya adalah dengan membuat website menggunakan CMS yang sudah ada seperti wordpress dan joomla.

20. Jasa Service Komputer

Di luar sana banyak sekali orang yang kesulitan dalam menggunakan komputer atau laptonya dengan baik. Hal ini biasanya menyebabkan mereka kesulitan dalam merawatnya sehingga rawan terjadi error dan kerusakan pada hardware.

Apabila anda memiliki kemampuan di bidang hardware dan software komputer, maka anda bisa menjalankan bisnis ini mengingat hampir semua orang di lingkungan kampus seperti mahasiswa dan dosen memiliki komputer / laptop.

21. Bisnis Jualan Makanan Ringan

Jadwal kuliah dan kegiatan kampus yang padat biasanya membuat mahasiswa kurang memperhatikan pola makannya. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk menjual makanan ringan atau snack ketika teman anda lapar. Kendala bagi mahasiswa adalah makanan-makanan yang ada di dalam kampus biasanya memiliki harga yang mahal bagi mahasiswa, sedangkan tempat makan yang ada di luar kampus letaknya cukup jauh.

Untuk mahasiswa yang ekonominya mencukupi mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun untuk mahasiswa yang uangnya pas-pasan akan sangat memberatkan. Oleh karena itu anda bisa memanfaatkan hal ini dengan menyediakan makanan yang enak dan relatif murah pada teman-teman anda.

22. Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa ini sangat mudah di jalankan karena anda hanya memerlukan satu buah motor. Biasanya staf-staf dan petugas kampus sering melakukan pengiriman barang yang jaraknya tidak jauh dengan kampus. Hal ini bisa anda manfaatkan dengan menjadi kurir pengantar barang. Harga yang anda tawarkan tergantung dari jarak yang ditempuh. Selanjutnya untuk membuat bisnis anda berkembang buatlah brand anda sendiri.

23. Bisnis Jasa Travel

Jika anda mahasiswa yang senang jalan-jalan dan traveling, maka bisnis ini sangat cocok untuk anda. Mungkin bagi anda yang terbiasa traveling ke tempat wisata dalam  maupun luar negeri, merencanakan perjalanan travel sudah menjadi hal yang biasa.

Namun bagi orang yang tidak terbiasa akan membuatnya bingung. Hal ini bisa anda manfaatkan dengan membuat paket liburan dengan beberapa orang mahasiswa. Selain anda akan mendapatkan komisi, tentunya anda juga bisa ikut jalan-jalan memandu mereka.

24. Bisnis Jual Barang Bekas

Bisnis jual beli barang bekas ini sangatlah prospektif jika anda serius menekuninya. Di luar sana banyak sekali orang yang memiliki barang-barang berharga seperti handphone dan laptop, namun jarang memakainya. Di sisi ada banyak juga orang yang membutuhkan barang-barang tersebut namun tidak memiliki dana untuk membeli barang baru.

Hal ini bisa anda manfaatkan dengan membleli barang-barang bekas tersebut dengan harga yang murah dan menjualnya kembali pada orang yang membutuhkan. Tantangan terbesar bagi anda untuk menjalankan bisnis ini adalah mencari barang bekas yang masih bernilai tersebut.

25. Bisnis Fotografi

Untuk anda yang senang dengan fotografi peluang usaha yang satu ini cukup menjanjikan. Meskipun pada awalnya hanya sekedar hobby, namun sudah banyak orang yang malah meninggalkan pekerjaan sesuai jurusan kuliahnya dan malah memilih bisnis ini.

Keuntungannya pun tidak main-main. Bisa puluhan bahkan ratusan juta rupiah perbulannya. Dengan memiliki skill fotografi yang baik, anda bisa menawarkan jasa foto pada saat ada event mahasiswa atau ketika wisuda. Selain itu anda juga bisa menjual foto karya anda ke website-website seperti istockphoto.com, shutterstock.com, Fotolia.com, dan stockfresh.com.

26. Usaha Investasi

Insvestasi merupakan usaha menanamkan modal pada suatu perusahaan dengan pembagian keuntungan yang sudah disepakati. Bisnis yang satu ini cukup cocok untuk mahasiswa karena tidak memerlukan waktu yang banyak. Hanya saja mungkin anda harus memiliki modal yang cukup untuk mulai melakukannya.

Ada berbagai investasi yang sekarang marak dilakukan diantaranya investasi emas, investasi property, investasi reksadana, dan lain-lain. Jika anda seorang muslim ada baiknya anda memilih investasi Syariah jika anda tertarik dengan bisnis yang satu ini.

27. Bisnis Ojek Online

Bisinis ojek online beberapa tahun belakangan menjadi trend tersendiri untuk para pencari penghasilan. Banyak sekali orang dari yang tidak memiliki ijazah sama sekali sampai orang dengan gelar sarjana tertarik untuk mencobanya.

Selain mudah pendaftarannya, waktu untuk antar jemput penumpang juga sangat fleksibel. Tergantung waktu luang yang ada. Hal ini dapat dijadikan peluang untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan lebih.

28. Developer Aplikasi playstore

Mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu tentang bisnis online yang satu ini. Layaknya publisher google adsense dan youtuber, Developer Aplikasi playstore juga mengandalkan pembayaran google dari iklan yang ditempelkan di dalam aplikasi yang dibuatnya.

Dengan begitu semakin banyak orang yang menginstall dan menggunakan aplikasi anda, maka semakin banyak pula uang yang akan anda dapatkan. Oleh karena itu bisnis online ini sangat cocok untuk mahasiswa, terlebih jika anda senang bidang IT.

29. Bisnis Jual Beli Tools Internet

Jika anda terjun ke dunia internet khususnya website dan blog, maka anda nantinya akan dihadapkan pada beberapa macam tantangan seperti cara mencari kata kunci, mendesain web/blog, menulis artikel, mencari backlink, dan lain-lain. Hal-hal tersebut harus anda pelajari sebelum anda membuat web/blog karena akan sangat menentukan kesuksesan bisnis anda.

Untuk mempermudah hal tersebut akan sangat dianjurkan jika anda menggunakan tools, baik gratis maupun berbayar. Namun masalahnya tools yang gratis biasanya terbatas dan tools berbayar kebanyakan sangatlah mahal. Oleh karena itu anda dapat memanfaatkan hal ini. Ajaklah teman anda untuk patungan membeli tools, kemudian anda jual kembali pada orang yang membutuhkan.

30. Bisnis Jasa Backlink

Salah satu factor yang menentukan suatu blog dapat muncul di halaman satu google adalah backlink. Backlink merupakan suatu link dari suatu halaman yang terdapat pada halaman website lain. Backlink juga sering disebut eksternal link.

Jika anda membuat suatu artikel dan artikel tersebut membuat orang lain terpukau, maka biasanya orang tersebut akan menjadikannya rujukan dan mencantumkan link di artikel yang dia buat. Namun untuk mendapatkan backlink yang bagus sangatlah susah karena di luar kehendak kita.

Oleh karena itu banyak sekali orang yang menawarkan jasa backlink ini. Hal ini tentunya bisa anda manfaatkan jika anda sudah memahami skill yang dibutuhkan.

31. Bisnis Ternak Akun Google Adsense

Bisnis yang satu ini bisa dijadikan bisnis mahasiswa yang sangat menjanjikan. Di luar sana masih banyak orang awam yang tertarik dengan google adsense. Namun mereka juga bingung bagaimana caranya mendapatkan akun adsense untuk mendapatkan uang.

Oleh karena itu saat ini sudah banyak penggiat adsense yang membuat ratusan bahkan ribuan akun asdense dengan tanpa modal kemudian menjualnya kembali. Tentunya hal ini merupakan peluang yang sangat besar bagi anda mengingat masih orang yang melakukan hal ini.

32. Bisnis Facebook Ads

Facebook merupakan social media terbesar saat ini. Hampir setiap orang dari mulai anak-anak, remaja, hingga lanjut usia yang memiliki ponsel memiliki akun facebook. Jika biasanya anda menggunakan facebook untuk update status tidak jelas, maka alangkah baiknya jika facebook anda gunakan untuk bisnis anda.

Anda bisa menjual produk yang anda ingin jual lewat iklan yang disediakan oleh facebook. Tentunya anda juga harus memiliki biaya untuk melakukan hal ini. Selain itu anda juga bisa menggunakan facebook ads sebagai media untuk menarik pengunjung blog anda.

33. Bisnis Jasa Admin Fanpage Facebook

Fanpage merupakan akun facebook yang ditujukan untuk keperluan bisnis, komunitas, hiburan, dan lain-lain. Misalnya jika anda pecinta kucing, maka anda bisa membuat fanpage yang berkaitan dengan kucing.

Perbedaan fanpage dengan akun facebook biasa adalah  jangkauan orang yang melihat status anda bisa lebih besar. Karena biasanya akun facebook biasa hanya diizinkan memiliki teman sekitar 5000 orang sedangkan fanpage dapat memiliki like dan pengikut hingga jutaan orang.

Nah jika anda memiliki fanpage ini dan like/pengikutnya sudah banyak, maka anda bisa menjualnya atau menawarkan pada orang untuk memposting sesuatu di fanpage yang anda punya dengan bayaran tertentu.

34. Bisnis Official akun Line

Pengguna line di Indonesia saat ini sudah sangat banyak. Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk keperluan bisnis. Sama halnya seperti facebook dan Instagram, anda juga bisa menggunakan official akun line untuk mengiklankan sesuatu.

Untuk melakukan hal ini tentunya orang yang menjadi pengikut anda juga harus banya agar iklan yang anda sebar dapat terlihat oleh banyak orang.

35. Bisnis Desain kartu nama, logo, banner, dan kartu undangan.

Bagi anda yang senang sudah mahir menggunakan aplikasi desain grafis seperti photoshop dan Corel Draw, maka anda bisa memanfaatkan keahlian anda dengan membuat jasa desain kartu nama, logo, banner, kartu undangan, poster, dan lain-lain.

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan lahan mencari penghasilan sampingan mahasiswa mengingat tidak sedikit mahasiswa yang memerlukan desain logo dan poster untuk kegiatan di kampus. Untuk mempromosikannya anda bisa menyebar pamflet atau membuat web/blog bisnis anda sendiri.

36. Bisnis jasa penulisan

Bisnis jasa penulisan merupakan bisnis mahasiswa yang dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini disebabkan karena banyak sekali mahasiswa yang membutuhkan tulisan untuk keperluan tugasnya. Kadang kala apabila mahasiswa sedang sibuk berorganisasi atau kegiatan lain, tugas yang dia dapatkan dari dosen akan terabaikan.

Dengan menggunakan jasa ini tentunya mahasiswa akan terbantu sekali. Apalagi jika karakter mahasiswa tempat anda belajar memang pemalas. Anda tidak memerlukan modal khusus karena anda hanya memerlukan komputer/laptop untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Setelah itu anda mempromosikannya lewat grup-grup atau brosur yang anda sebar.

37. Bisnis Tutorial Komputer

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini setiap orang tidak bisa lepas dari yang Namanya peralatan komputer. Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan komputer semua pekerjaan dapat dilakukan lebih efisien dan cepat. Namun di luar sana nyatanya masih banyak orang yang gaptek tentang komputer.

Apalagi anda tinggal di daerah perkampungan yang notabene jarang menggunakan komputer. Hal ini tentunya dapat anda jadikan peluang usaha mengingat sebagai mahasiswa pastinya anda sudah memiliki keahlian di bidang komputer.

38. Bisnis Video Iklan

Satu lagi bisnis yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Jika anda memiliki keahlian di bidang pembuatan animasi maka anda bisa memanfaatkannya. Di luar sana banyak sekali orang yang ingin membuat bisnis start up namun tidak tahu cara awal dalam mempromosikannya.

Mengingat orang Indonesia sangat senang melihat video dibandingkan dengan tulisan, maka anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan video iklan untuk mambangun bisnis start up.

39. Bisnis follower Instagram dan Like Facebook

Sudah saya katakana sebelumnya bahwa Instagram dan facebook saat ini bukan hanya tempat untuk menekspresikan perasaan ataupun membagikan photo dan video saja. Namun Instagram dan facebook juga bisa menjadi lahan untuk menghasilkan penghasilan. Tentunya hanya dengan bermodalkan hp pun anda sudah bisa mengurus akun Instagram dan facebook.

Oleh karena itu saat ini banyak sekali orang yang ingin memiliki follower Instagram dan like di facebook yang banyak agar bisnisnya dapat berkembang. Hal ini dapat anda manfaatkan dengan membuat jasa beli follower dan like. Tentunya yang harus anda perhatikan bahwa follower dan like yang anda jual haruslah asli manusia dan bukan robot.

40. Bisnis Jual Beli akun youtube

Dengan menggunakan akun youtube, selain anda bisa menjadi youtuber anda juga bisa menjadi penjual akunnya. Saat ini google sebagai perusahaan yang mengakuisisi youtube memberikan syarat yang cukup rumit bagi pemula yang ingin menghasikan uang dari youtube.

Oleh sebab itu banyak orang yang tidak ingin repot mendaftarkan akun youtube dari awal karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dapat anda jadikan peluang usaha dengan cara membuat banyak akun youtube yang sudah dapat menampilkan iklan.

Tentunya tantangan bagi anda untuk menjalankan bisnis ini adalah bagaimana caranya membuat video viral yang disukai banyak orang.

41. Bisnis website download dan streaming

Selain menjadi blogger yang tugasnya menulis, anda juga bisa menjadi publisher google adsense dengan cara membuat situs penyedia layanan download atau streaming. Banyak sekali orang yang ingin mendownload software atau menonton video yang mereka sukai.

Misalnya saja anime yang saat ini banyak digandrungi oleh anak-anak maupun orang dewasa di Indonesia. Kelebihannya adalah anda tidak perlu susah-susah menulis konten seperti blogger. Anda hanya perlu mengupload software atau film untuk melakukannya.

42. Bisnis Jual beli kerudung Instagram

Trend hijab saat ini sangatlah booming di Indonesia. Jika dulu orang malas memakai hijab karena dianggap ketinggalan jaman. Namun anggapan terebut tidak berlaku saat ini karena banyak wanita yang malah lebih terlihat cantik dan modis dengan menggunakan hijab. Oleh karena itu bisnis jual beli hijab ini dapat anda jadikan peluang usaha sampingan anda sebagai mahsiswa.

Caranya adalah anda bisa menjadi reseller atau dropshiper brand-brand hijab ternama kemudian menjualnya lewat Instagram. Untuk anda yang baru membuat akun Instagram, agar Instagram anda bisa mendapatkan follower yang banyak, anda bisa membelinya ataupun menggunakan jasa endorse pada akun lain.

Pilihlah jasa endorse yang memiliki follower yang tidak terlalu banyak agar harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal.

43. Bisnis Reseller Dusdusan

Bisnis untuk mahasiswa terakhir yang akan saya bahas adalah menjadi Reseller dusdusan. Apa itu dusdusan?. Dusdusan merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan barang-barang rumah tangga berkualitas seperti piring, botol minum, wajan, panci, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan menjadi reseller dengan harga barang yang murah, terlebih dahulu anda harus membayar biaya keanggotaan kurang lebih sekitar 300 ribu/tahun.

Sudah banyak orang khususnya ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pengalaman sama sekali sudah berhasil mendapatkan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta dengan menjalani bisnis ini. Sebagai mahasiswa tentunya anda bisa melakukannya. Anda bisa menjual botol minum cantic ke teman-teman anda atau anda juga bisa mempromosikannya lewat internet.

44. Bisnis Buku Bekas

Bisnis sampingan yang selanjutnya adalah bisnis buku bekas. Usaha sampingan yang satu ini tidak memerlukan biaya yang besar. Anda hanya perlu mencari buku-buku bekas yang sudah tidak terpakai. Biasanya oleh mahasiswa-ma

hasiswa tingkat akhir. Kemudian anda membelinya dengan harga yang murah. Setelah itu anda menjuanya kembali pada adik kelas anda yang baru masuk kuliah dan membutuhkan buku paket yang murah namun masih bisa dipakai.

Cobalah bisnis yang satu ini di jurusan/fakultas tempat anda belajar. Jika anda sudah berpengalaman coba anda kepakan sayap bisnis anda dengan membeli dan menjualnya di seluruh kampus bahkan di luar kampus anda. Jika anda serius dan pantang menyerah, bisnis yang satu ini bisa jadi bisnis yang prospeknya cerah bagi anda.

45. Membuka Bisnis service Printer

Bisnis yang satu ini patut anda coba karena di luar sana banyak mahasiswa yang memiliki printer dan terkadang rusak. Dengan menjalankan bisnis ini target pasar yang anda bidik bukan hanya mahasiswa saja, namun juga bisa dosen, staf kampus, atau masyarakat di sekitar kampus anda.

Untuk menjalankan bisnis ini tentunya anda pada awalnya terlebih dahulu harus mengetahui seluk beluk tentang cara memperbaiki printer. Anda bisa magang di tempat service printer yang ada di sekitar kampus.

Selain itu jika anda malas anda juga bisa bekerja sama dengan si tukang service. Patokan harga yang sudah ditetapkan bisa anda naikan dengan margin tertentu kemudian anda mempromosikannya baik lewat brosur atau promosi secara online.

46. Bisnis Jasa Penerjemah

Jika anda memiliki kemampuan yang lebih dalam Bahasa inggris, anda bisa memanfaatkan bisnis jasa yang satu ini. Hal ini dapat menjadi usaha sampingan  anda karena di luar sana masih banyak orang yang kemampuan Bahasa Inggrisnya masih kurang.

Anda bisa menawarkan paket penerjemahan dari Bahasa Indonseia ke Bahasa Inggris atau bahkan sebaliknya. Meskipun saat ini sudah ada google translate, namun grammer yang diberikan masih sangat buruk sehingga banyak orang yang tidak tahu grammer mereka benar atau tidak.

47. Bisnis Printing

Bisnis printing merupakan usaha sampingan mahasiswa yang cukup populer. Hal ini karena banyak sekali mahasiswa yang perlu mencetak tugas kuliahnya. Dengan bermodalkan alat printer dengan harga sekitar Rp. 500.000 s/d Rp. 1000.000 anda sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Untuk memulainya anda hanya perlu membuat spanduk yang menginformasikan bahwa anda menjual jasa printing.

Namun jika anda lebih serius dan memiliki modal yang lebih, anda bisa menyewa kios dan beberapa pekerja untuk usaha sampingan anda.

48. Bisnis makanan/katering

Salah satu usaha sampingan untuk mahasiswa ini dapat menjadi alternatif untuk anda. Biasanya ketika kampus atau teman-teman himpunan jurusan mengadakan suatu acara membutuhkan konsumsi yang cukup banyak. Hal ini bisa anda jadikan peluang bisnis sampingan anda.

Cobalah kunjungi beberapa rumah makan atau katering di tempat anda kuliah kemudian buat daftar makanan dan harganya. Nah apabila ada acara di kampus, anda bisa menjadi agen untuk menyediakan konsumsinya. Cobalah mulai dengan acara-acara yang dilakukan bersama teman anda. Jika anda sudah terkenal di kampus, maka komisi yang akan anda dapatkan juga tidaklah main-main.

Itulah Ide-ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang dapat anda jalankan di kampus tanpa mengganggu kuliah anda. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan tentang bisnis sampingan yang ingin anda jalankan untuk menambah uang jajan anda.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar

Leave a Reply