9 Faktor Kegagalan Wirausaha Yang Perlu Kamu Ketahui

Faktor kegagalan wirausaha

Faktor kegagalan wirausaha –¬†Setiap orang yang memulai suatu usaha/bisnis pastinya ingin mendapatkan keberhasilan dalam menjalankan bisnisnya. Namun Kebanyakan dari mereka enggan untuk mengetahui factor-faktor yang dapat membuat mereka menyerah dan mengalami kegagalan.

Sebenarnya di dunia ini tidak ada yang namanya kegagalan. Semua tergantung pandangan kita sendiri bagaimana mengukurnya. Apakah kita akan menganggapnya sebagai suatu kegagalan ataukah kita menganggapnya sebagai suatu bagian dari keberhasilan yang akan kita dapatkan nanti.

Sesungguhnya arti kegagan yang sesungguhnya adalah ketika kita menyerah, ketika kita tidak memiliki harapan dan tujuan yang ingin kita capai dari awal. Oleh karena itu semua tergantung kita.

Berdasarkan statistik yang dibuat oleh Small Business Administration (SBA) tahun 2017, sebanyak seperlima bisnis startup di Amerika mengalami kebangkrutan di tahun pertama, dan hanya satu pertiga dari mereka yang mampu bertahan hingga sepuluh tahun lebih.

Oleh karena itu alangkah baiknya kita mengetahui factor-faktor yang dapat menyebabkan kegagalan kita dalam menjalankan bisnis nanti agar usaha yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancer.

Faktor-faktor Kegagalan Wirausaha Yang Sering Dilakukan

1. Salah dalam menentukan tujuan

salah menentukan tujuan wirausaha

Inilah fundamental yang harus kamu tanyakan pada diri kamu sendiri. Apa sih yang kamu harapkan dari bisnis ?.

Kenapa menjalankan bisnis?

Apakah untuk mendapatkan banyak uang?

Atau untuk mendapakan waktu lebih banyak dengan keluarga?

Atau hanya ikut-ikutan orang saja. Melihat orang sukses menjalankan bisnis ini kamu ikut. Melihat orang sukses bisnis itu juga ikut. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa terjadi kegagalan ketika menjalankan bisnis.

Ingatlah satu hal, tidak ada bisnis yang mampu menghasilkan penghasilan dalam waktu singkat. Semua perlu kerja keras dan waktu yang cukup.

Jika kamu tidak memiliki tujuan atau salah menentukan tujuan, maka ketika ada masalah/kendala akan cenderung lebih mudah menyerah.

Salah satu alasan yang paling sering pebisnis sukses katakan adalah karena mereka mencintai apa yang mereka lakukan.

Mengapa mereka rata-rata yang memiliki alasan seperti itu dalam menjalankan suatu bisnis akan berhasil? Karena fokus mereka bukan karena hasil melainkan pekerjaan itu sendiri. Makanya ketika terjadi kegagalan mereka tidak merasa bahwa itu merupakan sebuah kegagalan dan mereka menikmatinya.

Namun sebenarnya jika tidak memiliki kecintaan terhadap apa yang kamu kerjakan pun pada dasarnya dapat berhasil asalkan kamu memiliki tekad yang kuat, mental baja yang dapat menghalangi semua pikiran negatif yang akan datang menghampiri  ketika ada masalah.

Baca juga: 4 usaha kreatif yang sudah membuat beberapa orang sukses

2. Manajemen yang buruk

Menjalankan bisnis bukan hanya masalah keuntungan . Banyak sekali hal yang harus diketahui jika ingin menjalankan bisnis seperti manajerial keuangan, pembelian, penjualan, perekrutan dan pengelolaan karyawan.

Jika si pemilik bisnis tidak mengetahui dan mengevaluasi apa yang salah kemudian tidak memperbaikinya, maka besar kemungkinan perusahaan tidak akan dapat bertahan. Oleh karena itu disarankan untuk para pemilik bisnis terus mengasah kemampuan/ skill baik dirinya sendiri maupun karyawan yang dia rekrut.

3. Planning yang buruk

rencara wirausaha yang buruk

Faktor penyebab kegagalan bisnis berikutnya adalah kurangnya perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang.

Kamu harus memiliki rencana matang tentang bisnis kamu sendiri. Bagaimana membawa bisnis kamu dalam beberapa bulan atau beberapa tahun yang akan datang.

Buatlah target dari apa yang ingin kamu capai. Cantumkan kapan kamu akan mencapai target tersebut. Kemudian buatlah evaluasi terhadap apa yang sudah dicapai.

Gagal merencanakan hal ini akan membuat bisnis kamu tidak ada kemajuan dan akhirnya tidak mampu bertahan.

4. Kepemimpinan yang buruk

kepemimpinan yang buruk

Pemimpin yang tidak kompeten juga dapat menyebabkan bisnis mengalami kegagalan. Setiap pemimpin harus mampu mengambil keputusan yang tepat di setiap waktu yang dibutuhkan. Dari mulai manajemen keuangan hingga pengeloaan karyawan. Jika hal ini tidak dilakukan dengan baik maka akan menyebar ke setiap aspek dalam perusahaan sehingga akan merusaknya.

Pemimipin yang sukses adalah yang selalu belajar dan memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukannya. Teruslah belajar dari orang yang sudah berpengalaman dan profesional sehingga skill kamu dalam mengambil keputusan yang tepat untuk perusahaan dapat berkembang.

5. Tidak Inovatif

Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Namun kualitas saja tidaklah cukup jika prosuk tersebut sama dengan produk yang lain. Diperlukan produk yang kreatif, inovatif, dan unik yang belum pernah orang tawarkan sebelumnya agar perusahaan dapat bersaing.

Banyak perusahaan-peruhaan di luar sana gulung tikar karena tidak mampu menyajikan produk unggulan baru yang mampu bersaing di pasar yang semaikn lama semakin ketat persaingannya. Oleh karena itu diperlukan orang yang mampu mencari inovasi-inovasi terbaru terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Ketahuilah produk apa yang dihasilkan dari para pesaing perusahaan dan buatlah produk yang tidak kalah dengan mereka.

6. Mengabaikan kebutuhan pelanggan

Setiap pebisnis pasti akan setuju bahwa pelanggan adalah nomor satu. Kepuasan setiap pelanggan akan menentukan apakah bisnis tersebut akan berkembang atau tidak. Jika pelanggan tidak merasa puas, maka bukan tidak mungkin akan muncul bisnis-bisnis baru yang merebut pelanggan dari perusahaan kamu.

Oleh karena itu janganlah kehilangan kontak dengan pelanggan. Cari tahu apa yang kurang dari produk kita dan mintalah pendapat mereka apa yang harus diperbaiki.

Gunakanlah masukan positif maupun negatif sebagai bahan evaluasi agar produk kita menjadi lebih baik.

7. Kekurangan modal

Kekurangan modal juga bisa menjadi faktor gagalnya suatu bisnis. Oleh karena itu kita harus mampu menarik perhatian investor. Semua tergantung dari produk yang kita tawarkan. Tidak akan ada investor yang mau memberikan modal apabila produk yang kita tawarkan biasa-biasa saja. Oleh karena itu sekali lagi produk adalah yang paling penting dalam menjalankan bisnis . Apapun itu.

8. Scaling yang salah

Sebagai pengusaha kita harus sabar. Jangan karena usaha kita sudah sedikit berhasil kemudian dengan gegabah memperbesar bisnis tanpa berfikir panjang. Berhasil di skala yang kecil belum tentu berhasil pula di skala yang besar.

Oleh karena itu bersabarlah. Kembangkanlah bisnis yang kita jalankan sedikit demi sedikit sampai suatu titik dimana kita sudah siap apabila melonjakkan bisnis kita pada skala yang jauh lebih besar.

baca juga: 17 Usaha sampingan yang wajib dilakukan ibu rumah tangga

9. Lokasi yang buruk

Banyak orang bilang posisi menentukan prestasi. Mungkin kata-kata tersebut tidaklah sepenuhnya benar, namun untuk beberapa bisnis tertentu lokasi merupakan salah satu yang harus dipertimbangkan. Apalagi jika bisnis yang kita jalankan memang membutuhkan trafik yang tepat.

Banyak orang yang memulai bisnis terburu-buru dengan membeli suatu toko yang pada akhirnya sepi pelanggan. Bukan karena produk yang ditawarkan tidak berkualitas, namun karena toko tersebut tidak cocok dengan keadaan sekitar. Banyak orang yang menentukan kemana mereka membeli produk dari banyak tidaknya pelanggan yang datang ke toko tersebut.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar

Leave a Reply