4 Contoh Peluang Usaha Kreatif Yang Terbukti Menyukseskan

Contoh peluang usaha kreatif – Banyak orang bilang bahwa dalam memulai suatu bisnis/usaha kita itu harus punya modal dulu. Modal yang kita miliki juga katanya harus banyak jika kita ingin berhasil.

Hal inilah yang menyebabkan minimnya jumlah pengusaha di Indonesia. Sebagian besar memilih untuk bermain aman alias menjadi pekerja untuk orang lain.

Bekerja untuk orang lain itu enak, resikonya kecil dan sudah pasti dapat uang. Sedangkan Usaha itu ribet, perlu modal, belum lagi kalo nanti rugi…Bukannya dapat untung malah buntung.

Pikiran-pikiran seperti ini tanpa disadari masuk dengan sendirinya kedalam kepala kita. Apalagi kalau lingkungan kita bergaul adalah orang-orang yang sudah dijamin bisa masuk ke tempat kerja yang gajinya tinggi seperti saya.

Saya sendiri adalah salah satu lulusan universitas/institusi yang sangat terkenal di Bandung. Jurusan yang saya ambil adalah teknik mesin dimana hampir setiap mahasiswa lulusannya berdasarkan data “dijamin” bisa diterima di tempat kerja dengan gaji yang cukup tinggi.

Banyak teman saya yang ketika masih mahasiswa sangat berambisi untuk menjadi pengusaha. Namun ketika sudah lulus ujung-ujungnya bekerja di perusahaan. Mereka beranggapan usaha itu kan perlu modal, maka kita kumpulkan modal dulu dengan bekerja untuk orang lain.

Namun nyatanya setelah mereka bekerja kebanyakan dari mereka enggan untuk memulai bisnis dan memilih untuk tetap bekerja. Kenapa ini bisa terjadi?

Alasannya adalah setelah mereka bekerja dan nyaman dengan pekerjaannya, mereka tidak mau jika harus memulai usaha dari awal yang sudah pasti menguras waktu dan tenaga. Karena hampir setiap usaha harus mengalami proses terlebih dahulu sebelum bisa menghasilkan. Belum lagi kalau usahanya gagal dan lain sebagainya. Dan belum lagi kalau kita sudah berkeluarga, mau dikasih makan apa nantinya keluarga kita.

Hal inilah yang menjadikan keinginan untuk menjadi pengusaha sirna hilang ditelan ombak.

Menurut survey yang dilakukan mas Darmawan dari panduanIM.com (Blog tentang bisnis online favorit saya), sebanyak 81% pegawai dulunya pernah bercita-cita menjadi seorang pengusaha.

Menurutnya ada 3 alasan kenapa hal ini bisa terjadi, yaitu:

1. Tidak mengetahui tentang bisnis yang akan dijalankan.
2. Tidak punya modal yang besar.
3. Sudah terlanjur bekerja dan berkeluarga.

Nah untuk kamu yang memiliki masalah seperti di atas saya sudah menyiapkan beberapa informasi tentang usaha usaha yang menjanjikan dengan modal kecil yang bisa kamu mulai dari sekarang.

Berikut paparannya.

Contoh Peluang Usaha Kreatif Yang Terbukti Menyukseskan

1. Bisnis Keripik dan Makanan Ringan

Contoh peluang usaha kreatif yang pertama adalah jualan keripik. Usaha ini bisa dibilang memang usaha yang cukup klasik dan sering dianggap remeh. Namun jangan salah, coba saja kamu ketikkan di google atau youtube tentang “bisnis keripik sukses” atau “bisnis makanan ringan sukses”, rasanya semakin hari tidak ada habisnya kisah sukses orang yang menjalankan usaha yang satu ini dari nol alias modalnya kecil.

Usaha yang satu ini pun bisa dikatakan mudah karena tidak memerlukan pengetahuan yang mumpuni atau perlu sekolah dulu. Jadi setiap orang bisa menjalankannya. Namun berkaca dari orang-orang yang sudah sukses sebelumnya kamu memerlukan suatu pembeda dengan produk yang sudah ada di pasaran. Kamu harus memiliki produk yang kreatif dan unik, baik dari segi rasa, tampilan, dan lain-lain agar orang lebih tertarik dengan produk kamu.

Banyak sekali jenis olahan keripik yang sudah ada saat seperti keripik singkong, ubi, pisang, dan lain-lain. Selain itu juga sudah banyak pengusaha muda sukses yang manjadi jutawan berkat produk-produk tersebut. Sebut saja Reza Nurhilman Pemilik usaha keripik Maicih atau Gazan Azka Ghafara pemilik usaha keripik pisang zanana, mereka berdua memulai bisnisnya dari nol dengan hanya bermodalkan tekad yang kuat meskipun mereka tidak memiliki modal yang besar. Berikut video inspirasi kedua pengusaha sukses tersebut.

Reza Nurhilman

Gazan Azka Ghafara

Selain itu ada juga kisah sukses dari pak Rahman Paulus yang juga menekuni bidang yang satu ini.

Dan masih banyak lagi kisah sukses yang lainnya. Intinya mereka semua mau berusaha memulai bisnisnya meskipun modal yang mereka miliki sangat kecil.

Untuk memulai bisnis ini sendiri sangat mudah dilakukan karena bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan pun mudah dijumpai. Berikut sedikit informasi tentang pengolahan keripik singkong yang mudah dilakakukan dengan alat-alat sederhana.

Pemasaran: Kamu dapat memasarkan produk yang kamu jual terlebih dahulu ke tetangga-tetangga di dekat tempat tinggal kamu untuk mengetahui apakah produk kamu disukai atau tidak. Setelah itu kamu harus mengembangkan pemasaran kamu baik secara online menggunakan sosial media seperti Facebook dan Instagram, Ataupun kamu juga bisa menjualnya secara offline seperti menjualnya lewat mobil atau bekerjasama dengan toko-toko seperti Indomaret atau Alfamaret.

terkait: 8 Ide bisnis kreatik dan unik yang jarang ada di Indonesia

2. Bisnis Ternak Lalat (BSF)

Usaha yang satu ini mungkin akan terdengar aneh di pikiran kamu yang belum mengetahuinya. Mana ada bisnis lalat, lalat kan binatang yang menjijikan dan salah satu penyebar penyakit. Namun jangan salah, lalat yang satu ini berbeda dengan lalat hijau yang sering hinggap di makanan atau kotoran. Lalat yang satu ini merupakan lalat yang bersih dan bukan penyebar penyakit.

Berikut ini siklus hidup dari larva BSF:

Yang dapat kita jual dari bisnis lalat ini adalah larva atau belatung yang dihasilkan dari perkawinan si lalat BSF tersebut. Diketahui bahwa larva atau belatung memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga sangat cocok dijadikan pakan hewan seperti ayam, bebek, dan itik. Selain itu modal yang kamu perlukan sangatlah minim. Kamu hanya memerlukan sampah organik dan tempat lalat tersebut berkembang biak.

Usaha yang satu ini selain bisa menghasilkan uang juga dapat mengurangi polusi sampah organik yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga atau pabrik. Selain itu juga saat ini pakan merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh para peternak unggas khususnya ayam. Banyak peternak yang gulung tikar karena hal ini. Oleh karena itu peluang usaha ternak lalat BSF dapat memberikan solusi bagi para peternak unggas yang kesulitan dalam membeli pakan.

 

 

3. Bisnis Reseller dan Dropshiper

Reseller/Dropshiper merupakan usaha yang sedang booming saat ini. Kelebihannya adalah modal yang diperlukan tidak terlalu tinggi. Dengan hanya bermodalkan hp saja kamu sudah bisa menjalankannya.

Perbedaan reseller dengan dropshiper sendiri adalah reseller harus stok barang terlebih dahulu sedangkan dropshiper tidak. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan menjadi reseller adalah margin keuntungan yang lebih besar karena barang yang kamu pesan banyak. Namun kekurangannya adalah harus punya modal untuk stok barang dan juga kamu harus yakin kalau barang yang kamu jual akan laku.

Sedangkan kelebihan dari dropshiper adalah tidak harus menyetok barang dulu sehingga modalnya lebih kecil. Namun kekurangannya adalah margin keuntungannya lebih kecil. Hal ini sebenarnya tidak masalah jika barang yang kamu jual sangat banyak.

Yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah pertama kamu harus riset terlebih dahulu tentang barang yang ingin dijual. Setelah itu mencari supplier yang cocok dan mendaftar di sana, kemudian menjualnya di website atau social media yang kamu miliki.

4. Usaha Bubur Organik

Bubur merupakan salah satu makanan yang paling digemari oleh orang Indonesia. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang khas menjadikan bubur sebagai makanan yang sangat cocok untuk sarapan di pagi hari. Banyak orang yang menjalankan bisnis yang satu ini. Bisanya orang yang menjualnya adalah abang-abang di pinggir jalan sehingga banyak yang menganggap bahwa usaha bubur ini tidak menjanjikan sama sekali.

baca juga: 48 Bisnis Yang Sangat Cocok Untuk Mahasiswa Pemula

Namun siapa sangka ternyata jika kita bisa melihat peluang sukses dengan kreatifitas yang kita miliki ternyata bisnis bubur pun bisa sangat menjanjikan. Salah satu yang masih belum banyak diketahui orang adalah bisnis bubur organik.

Bubur organik sendiri merupakan makanan yang biasanya dibuat untuk bayi. Karena tubuh bayi masih sangat rentan maka ibu-ibu harus mampu menyediakan makanan yang sehat dan mampu dicerna dengan baik oleh bayi. Oleh karena itu bubur organik ini salah satu pilihan yang sangat baik.

Dipasaran pun sebenarnya sudah banyak tersedia merek bubur organik yang sering dipromosikan lewat TV. Namun peluang usaha bubur ini masih terbuka lebar, terlebih jika kamu mampu membuat bubur yang enak dan lezat serta disukai oleh bayi.

Salah satu pengusaha yang sudah sukses menjalankan bisnis ini adalah Lutfiel Hakim pemilik merek bubur organik NAYZ yang sudah cukup terkenal. Awalnya beliau membuat bubur organik ini untuk keperluan anaknya yang masih bayi dengan mancari resepnya di internet. Setelah itu ada tetangga beliau yang memiliki bayi yang berumur 6-8 bulan sama seperti anak beliau berminat untuk membeli bubur organik yang dibuatnya.

Dari situlah beliau memiliki ide untuk memulai bisnis bubur organik ini dan menjualnya di pasaran. Tak disangka ternyata bubur yang beliau produksi laku di pasaran sehingga usaha yang dimulai tahun 2009 ini pun sukses. Sampai saat ini bubur NAYZ ini sudah mengembangkan sayapnya dengan membuat inovasi-inovasi baru seperti membuat puding berbagan organik. Agar lebih jelas lagi boleh disimak videonya:

Itulah Contoh-contoh peluang usaha kreatif yang sudah terbukti dapat membawa kamu pada kesuksesan jika kamu serius dan bersungguh-sungguh. Mudah-mudahan artikel ini dapat sedikitnya memberikan pencerahan tentang bisnis/usaha yang akan kamu jalankan kedepannya.

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar

1 thought on “4 Contoh Peluang Usaha Kreatif Yang Terbukti Menyukseskan”

  1. Pingback: 9 Faktor Kegagalan Wirausaha Yang Perlu Kamu Ketahui

Leave a Reply