17 Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan – Menjadi ibu rumah tangga yang baik kadang-kadang harus diam di rumah untuk mengurusi segala pekerjaan rumah dan mengurusi anak di saat suami pergi bekerja. Namun jika penghasilan sang suami dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup, ada kalanya istri juga ikut membantu untuk memenuhinya.

Untuk melakukan hal itu tentunya ada banyak sekali ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan dengan modal kecil dan dapat dilakukan di rumah.

Dengan melakukannya di rumah selain anda mendapatkan income untuk membantu perekonomian keluarga, juga semua pekerjaan + anak tidak akan terbengkalai.

Berdasarkan studi yang dilakukan di Amerika serikat persentasi ibu rumah tangga yang bekerja di dalam rumah meningkat sebanyak 29% selama 10 tahun terakhir. Hal tersebut juga tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di Indonesia.

Saat ini sudah sangat banyak sekali ibu-ibu yang sukses menjalankan bisnisnya di rumah dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Bahkan ada juga ibu-ibu yang mendapatkan penghasilan yang melebihi suaminya.

Oleh karena itu jika anda ingin mencobanya, sebenarnya ada berbagai macam bisnis yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Dalam artikel ini akan coba saya jelaskan beberapa diantaranya, yaitu:

Baca juga: usaha-usaha sampingan mahasiswa terbaik 2018

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

1. Membuka bisnis laundry

Bisnis laundry saat ini merupakan bisnis yang sudah mulai menjamur di Indonesia. Hal ini disebabkan karena sudah banyak orang yang mulai malas mencuci atau tidak sempat untuk mencucinya.

Hanya dengan bermodalkan mesin cuci yang dapat anda beli mulai dari harga 1,5 jutaan, anda sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Selain itu anda tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan pelanggan. Cobalah dengan mengajak tetangga anda yang kira-kira membutuhkan jasa ini. Anda juga bisa membuat brosur kecil untuk di sebarkan di sekitar rumah anda.

2. Menjadi Babby Sitter

Jangan anggap remeh profesi yang satu ini. Pekerjaan yang satu ini memang terdengar kurang menjanjikan, namun sebenarnya jika anda mengetahui prospeknya sebenarnya menjadi babby sitter merupakan hal yang patut dicoba.

Terlebih jika anda berada di di daerah perkotaan yang notabene banyak orang yang tidak dapat meluangkan waktunya untuk mengurusi anak. Di daerah perkotaan banyak sekali suami & istri yang masing-masing memiliki profesi sendiri sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurusi anaknya.

Anda bisa memulai bisnis ini di rumah. Anda hanya membutuhkan beberapa perbaikan dekorasi rumah (jika rumah tidak terlihat nyaman), beberapa mainan anak, atau mengajak ibu lain untuk bekerjasama.

3. Blogging

Jika anda merupakan ibu rumah tangga yang senang menulis, anda bisa mencoba melakukan hal ini. Dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet anda sudah bisa menjalankan bisnis ibu rumah tangga tanpa modal yang saatu ini dengan mudah.

Platform yang menyediakan tempat untuk para blogger pemula yang paling terkenal adalah blogger.com dan wordpress.com. Namun jika anda ingin menggunakan nama sendiri sebagai brand, anda dapat membeli domain dan hosting dengan harga murah.

Prospek dari bisnis yang satu ini cukup menggiurkan, apalagi jika anda mampu menulis dalam bahasa inggris. Banyak sekali hal yang dapat anda lakukan dengan blogging, mulai dari berjualan barang, menjadi publisher google adsense, atau Affiliate marketing.

4. Kerajinan lilin hias

bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan

Bisnis yang mulai popular saat ini adalah bisnis lilin hias. Selain modalnya yang minim, anda juga bisa melakukannya di rumah. Selain itu prospeknya juga lumayan cerah.

Hanya dengan bermodalkan 1 jt saja anda sudah bisa menggeluti bisnis yang satu ini. Tentunya untuk menjalaskan bisnis ini anda harus memiliki keterampilan untuk mengolah lilin menjadi bentuk-bentuk yang unik dan indah.

Dilansir dari okezone.com, hanya dengan bermodalkan 1 juta rupiah anda dapat menghasilakan laba bersih sebesar 2,2 juta jika diasumsikan anda menjual 80 buah lilin dengan harga Rp. 40.000 per lilinya.

5. Menjadi Virtual Asisten

Ada banyak sekali permintaan jasa asisten vistual di seluruh dunia. Kebanyakan dari orang/perusahaan membutuhkan bantuan untuk menangani tugas-tugas admisnistrasi, sekretaris, penulis, pengajar, dan lain-lain.

Oleh karena itu jika anda memiliki kemampuan di bidang menejemen, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini. Apalagi jika kemampuan baha inggris anda cukup memadai.

Kabar baiknya adalah anda bisa melakukan bisnis ini tanpa harus keluar rumah. Anda hanya perlu mengerjakannya di depan komputer.

Berikut ini beberapa situs untuk menjadi virtual asisten yang patut anda coba:

Lokal:

1. Sribulancer.com
2. projects.co.id
3. fastwork.id
4. Gobann.com
5. Ruangguru.com

Mancanegara:

1. 99designs.com
2. freelancer.com
3. proz.com
4. upwork.com
5. craiglist.org

6. Wedding Organizer

Jika anda memiliki ketertarikan di bidang rias-merias sesuatu, maka bisnis yang satu ini bisa anda coba. Tidak perlu pendidikan khusus untuk memulai bisnis yang satu ini. Selain itu anda juga bisa menjalankannya dari rumah atau dengan bantuan internet.

Saat ini perkembangan bisnis dekorasi pernikahan menjadi salah satu trend tersendiri di masyarakat. Hal ini disebabkan karena banyaknya permintaan di masyarakat mengingat banyak sekali orang yang ingin menikah. Ditambah lagi pastinya orang yang akan menikah akan rela mengeluarkan uang yang cukup besar demi suksesnya hajatan yang paling dinantikan dalam hidupnya. Anda dapat memulainya dengan modal yang kecil ditambah beberapa keahlian yang harus anda pelajari.

7. Membuka Kelas Memasak

Jika anda memiliki kemampuan di bidang masak-memasak, bisnis yang satu ini patut anda coba. Banyaknya orang dari mulai remaja sampai ibu-ibu yang memiliki keinginan untuk dapat memiliki kemampuan memasak. Buatlah kelas yang hanya memasak jenis masakan tertentu yang bersifat khusus, misalnya membuat kue cokelat, masakan perancis, masakan jepang, dan lain-lain. Jangan buat kelas yang hanya memasak jenis-jenis masakan yang biasa disajikan di rumah.

Kelebihan dari bisnis kelas memasak ini diantaranya anda tidak memerlukan modal awal yang terlalu besar karena anda bisa menggunakan peralatan-peralatan yang sudah tersedia di rumah anda. Selain itu bisnis ini sangatlah cocok bagi ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis namun juga dapat menjalankan pekerjaan rumah dan mengurusi anak.

8. Bisnis rias pengantin

bisnis rias pengantin

Selain bisnis WO, anda juga dapat menjalankan bisnis rias pengantin yang cukup menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Atau anda juga dapat menjalankan keduanya sekaligus. Namun jika anda hanya ingin menjalankan bisnis rias pengantin saja sebenarnya sudah cukup menguntungkan.

Seperti yang sudah pernah saya katakan bahwa orang akan memberikan yang terbaik untuk kesuksesan acara pernikahannya. Salah satu hal yang pasti sangat diinginkan oleh setiap pengantin adalah mampu berpenampilan bak ratu dan raja dalam sehari. Untuk tercapainya keinginan ini tentunya dibutuhkan ahli make up yang terampil. Oleh karena itu peluang bisnis ini sangat terbuka untuk anda terlebih jika anda menyukai dan memiliki kemampuan merias wajah.

Kabar gembiranya adalah anda bisa memulai bisnis yang satu ini di rumah. Hal yang mesti anda lakukan ketika memulai bisnis ini adalah mengikuti kursus tata rias, membeli peralatan tata rias dan busana pengantin, mencari beberapa pegawai, dan yang paling penting adalah melakukan promosi.

 

8. Bisnis kartu ucapan

Bisnis yang satu ini mungkin sangat asing di telinga orang indonesia. Hal ini disebabkan karena memberikan suatu ucapan ketika terjadi momen yang spesial bagi seseorang sudah sangat mudah dilakukan lewat sms,email, atau chat. Namun jangan salah, selain prospeknya cukup menjanjikan juga peluang bisnis yang satu ini sangat terbuka lebar mengingat masih jarang orang yang menggelutinya. Selain itu anda juga dapat melakukannya di rumah bermodalkan komputer/laptop dan juga sebuah printer.

Dikutip dari liputan6.com, salah satu kisah sukses bisnis yang satu ini dialami oleh Tania Larasati dan Maria Juliana. Dua orang sahabat ini mampu menghasilkan puluhan juta lewat bisnis ini hanya dengan promosi melalui instagram. Modal awal yang hanya sebesar Rp. 5 Juta dan dirintis pada tahun 2012, hingga tahun 2015 bisnis yang mereka geluti sudah mampu menghasilkan laba hingga Rp. 80 Juta perbulan. Suatu omset yang sangat menggiurkan bukan.

Melihat dari pengalaman kedua sahabat tersebut, anda juga dapat melakukannya dengan nama brand anda sendiri. Anda juga dapat mengajak teman terdekat anda untuk memulai bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan satu ini.

9. Usaha salon kecantikan

Bisnis salon kecantikan merupakan bisnis yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Setiap kaum hawa tentunya menginginkan dirinya selalu tampil baik di mata orang lain. Hal ini kadang kala tidak dapat dilakukan hanya dengan perawatan di rumah saja. Oleh karena itu banyak sekali kaum hawa yang rutin pergi ke salon untuk merawat kecantikannya.

Perlu diingat juga bahwa usaha salon kecantikan ini tidak hanya sebatas pangkas rambut semata, namun juga semua hal yang berkaitan dengan perawatan tubuh seperti rias wajah, pedicure, menicure, body spa, dan lain-lain.

10. Bisnis Produk Rajutan

Satu lagi ide bisnis bagi ibu rumah tangga yang menjanjikan. Mungkin bisnis yang satu ini juga terbilang masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun tak pernah ada jalan jika kita tidak pernah mencobanya. Tentunya kita juga harus terlebih dahulu menganalisis prospek dari bisnis yang satu ini.

Dilansir dari finance.detik.com, Seorang ibu yang bekerja sebagai PNS bernama Sunarsih (57) asal Blitar sukses menjalankan bisnis ini. Gaji PNS yang dirasa masih sedikit membuatnya memikirkan sumber penghasilan yang lain. Belajar secara otodidak dengan berbagai pengalaman yang dimilikinya, ibu yang satu ini mampu menghasilkan laba hingga Rp. 30 Juta perbulan. Tentunya bisnis yang satu ini juga sangat cocok untuk ibu rumah tangga karena dapat melakukannya di rumah.

11. Bisnis Agen Travel

Bisnis agen travel merupakan bisnis yang sudah mulai menjamur di Indonesia. Hal ini disebabkan karena banyaknya orang yang ingin melakukan perjalanan liburan untuk menghilangkan stress di sela-sela kesibukan pekerjaannya. Selain itu karena Indonesia merupakan negara dengan banyak potensi wisata di setiap tempat menjadikan bisnis agensi travel cuku menjanjikan.

Selain itu anda juga bisa memulainya di rumah dengan modal usaha yang cukup minim. Tidak perlu keterampilan khusus, anda hanya memerlukan ketekunan dan kemampuan dalam melihat peluang yang ada. Dengan menjalankannya di rumah selain anda bisa menadapatkan income anda juga dapat mengurusi anak anda.

12. Bisnis Perhiasan buatan tangan

Karena meningkatnya trend fashion di Indonesia saat ini, ide bisnis perhiasan buatan tangan ini cukup menjanjikan bagi ibu rumah tangga. Terlebih jika anda memiliki kemampuan dan ketertarikan khusus pada bidang seni. Beberapa ibu rumah tangga mungkin menjadikan pembuatan perhiasan tangan ini sebagai hobby dan untuk dipakai sendiri, namun tidak ada salahnya jika anda menjadikannya juga sebagai alat pencari income tambahan keluarga.

Untuk melakukannya sebenarnya tidak diperlukan modal awal yang terlalu besar. Cukup keterampilan dalam membuat pernak-pernik yang unik dan juga sedikit kemampuan dalam promosi. Anda dapat dengan mudah menjualnya lewat sosial media yang terkenal seperti facebook dan Instagram.

13. Bisnis Dropshiper

Dengan maraknya bisnis online saat ini, menjadi dropshiper menjadi salah ide bisnis yang sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan prospek bisnis yang satu ini cukup menjanjikan dan dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat memulainya dengan menjual barang-barang yang ada di marketplace terkenal yang ada di Indonesia sepeti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan lain-lain.

Setelah anda mendapatkan barang yang cocok untuk anda jual, anda dapat mempromosikannya lewat facebook dan instagram pribadi anda dengan margin keuntungan yang sudah anda tentukan. Modal bisnis ini sangatlah minim karena anda hanya memerlukan komputer/laptop dan koneksi Internet saja. Anda tidak perlu bersusah payah melakukan pengemasan barang yang menyita banyak waktu. Kemampuan yang harus anda miliki adalah dalam menemukan produk yang sangat diminati masyarakat kalangan tertentu dan teknik promosi yang sesuai.

14. Membuat Tutorial Youtube

Youtuber saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak diminati orang-orang Indonesia saat ini. Tidak hanya para remaja milenial yang notabene lebih mengetahui teknologi dibandingkan orang tua jaman dulu, saat ini banyak juga ibu-ibu atau bapak-bapak yang mulai tertarik menggeluti profesi yang satu ini.

Dengan menjadi youtuber nantinya anda akan dibayar berdasarkan banyaknya view yang anda peroleh dari video yang anda posting . Untuk memulai bisnis yang menjanjikan satu ini anda dapat membuat video-video menarik yang diminati suatu kalangan atau kalangan umum. Misalnya anda merupakan petani buah-buahan dan sayuran, maka anda dapat membuat video tutorial lengkap tentang bagaimana cara menanam, melakukan pembibitan, panen, pemupukan, dan lain-lain.

Prospek menjadi seorang youtuber sangat menggiurkan. Sudah banyak sekali orang yang sukses menghasilkan puluhan juta hanya dengan membuat postingan video saja.

15. Bisnis Rangkaian Bunga

Bisnis yang satu ini juga merupakan bisnis yang belum terlalu popular di masyarakat. Masih sedikit orang yang menekuni bidang ini karena omset yang dapat dihasilkan relatif belum banyak diketahui. Namun jangan salah, berdasarkan pengalaman yang ada sudah ada beberapa ibu-ibu yang sukses menjalankan bisnis yang satu ini.

Dikutip dari bisnisukm.com, kisah sukses dialami oleh seorang ibu bernama Maya Indraswati (40) yang awalnya merupakan pekerja kantoran dan memilih untuk menggeluti usaha yang satu ini. Tak tanggung-tanggung ibu Maya yang memiliki toko bernama stella florist ini mampu menghasilkan omset hingga Rp. 50 Juta perbulannya. Pada awalnya dia hanya mencoba dengan modal awal Rp. 1 Juta rupiah saja. Tentunya dengan bermodalkan kreatifitas, ketekunan, dan jiwa pantang menyerah profesi apapun sebenarnya dapat menghasilkan.

16. Menjadi Reseller Produk

Menjadi reseller produk hampir sama dengan bisnis dropship, namun dengan menjadi Reseller produk tertentu anda biasanya harus membayarkan sejumlah uang sebagai tanda keanggotaan. Dengan begitu margin keuntungan yang didapatkan dengan menjadi anggota tentunya akan lebih besar dibandingkan tanpa menjadi anggota.

Contoh Platform Reseller Online yang sudah terbukti mampu menghasilkan adalah dusdusan.com. Disini sudah banyak ibu-ibu dengan kemampuan yang boleh dikatakan masih pemula dalam hal penjualan online mampu menghasilkan omset yang sangat menggiurkan mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah perbulannya. Produk-produk yang ditawarkan juga sangat cantik dan menarik sehingga banyak orang yang menyukainya.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ibu rumah tangga modal kecil yang satu tidak terlalu besar karena anda hanya perlu membayar keanggotaan saja, selebihnya anda tinggal mempromosikannya lewat akun media sosial atau menawarkan produk-produk yang ada pada tetangga di sekitar rumah anda.

17. Bisnis Katering

Bisnis katering ini merupakan bisnis yang mulai popular dikalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, juga bisnis ini dapat dilakukan di rumah.

Saat ini banyak sekali orang yang tidak ingin repot-repot memasak ketika ada suatu hajatan atau acara sehingga memulai bisnis katering sangat menjanjikan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjadi pekerja di suatu tempat katering dan mempelajari seluk-beluk bisnis yang satu ini. Setelah anda menguasai semua ilmu yang dibutuhkan, anda hanya perlu mempromosikannya lewat website atau sosial media.

Itulah artikel tentang 17 bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan dengan modal kecil. Semoga artikel ini memberikan inspirasi untuk anda yang ingin memulai bisnisnya dari nol. Jika ada masukan atau saran anda bisa menyampaikannya lewat komentar.

referensi: https://incomeobstacle.com/business-ideas-for-housewives/

Kata Kunci: bisnis ibu rumah tangga, bisnis ibu rumah tangga di rumah, bisnis ibu rumah tangga modal kecil, bisnis ibu rumah tangga online, bisnis ibu rumah tangga tanpa modal, bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan, bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan, bisnis ibu rumah tangga yg menjanjikan

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar

1 thought on “17 Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil”

  1. Pingback: 8 Ide Bisnis Kreatif Dan Unik Yang Jarang Ada di Indonesia

Leave a Reply